Ahlan wa Sahlan

Selamat datang di Blog KMMF UGM, sebuah media dakwah kampus Farmasi UGM.
Sekretariat:
Masjid Fakultas Farmasi UGM
Jl. Medika Sekip Utara, Yogyakarta 55281
e-mail: kmmfugm@ymail.com


About KMMF

KMMF (Keluarga Mahasiswa Muslim Farmasi) adalah sebuah SKI (Sentra Kerohanian Islam) yang berdiri dan berkembang di Fakultas Farmasi UGM. KMMF memposisikan dirinya sebagai salah satu pusat syiar mempunyai komitmen untuk membentuk mahasiswa muslim Farmasi yang mempunyai kapabilitas, etos kerja dan kepribadian yang tinggi dalam mengemban tugasnya menegakkan kalimat Allah guna mewujudkan lembaga dakwah kampus sebagai pusat syiar Islam.


Tema KMMF 1430 H
"Optimalisasi fungsi syiar, kaderisasi, dan jaringan melalui sinergisitas lembaga menuju fakultas farmasi yang madani."

Visi : Menjadi lembaga intra kampus yang dapat mewujudkan masyarakat Farmasi yang Islami.
Misi : Mewujudkan masyarakat Farmasi UGM yang berkepribadian Islami dalam kehidupan sehari-hari.
Mengoptimalkan fungsi syiar, kaderisasi dan jaringan melalui sinergisitas lembaga.



SEJARAH


KMMF UGM didirikan di Yogyakarta pada tanggal 6 Muharram 1417 H (24 Mei 1996).


Kepemimpinan KMMF
1996:

Azis (1997)
Beliau adalah angkatan 1996. Walau lulus dengan nilai biasa-biasa saja, namun setelah lulus cukup memiliki karir yang cukup cemerlang. Bahkan beliau menyelesaikan S2 di Belanda dan menempuh S3 di Jepang. Orangnya lucu dan cukup enak diajak ngobrol. Sekarang menjadi dosen di UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hatta (1998)
Hatta (1999)
Beliau angkatan 1996, sekarang menjadi dosen di farmasi UII. Beliau memegang jabatan KETUM KMMF selama 2 periode lho yaitu tahun 1998 dan 1999.


Feryanto Trisna Hadi (2000)
Beliau adalah angkatan 1997.

Fajar Hadjri (2001)
Beliau adalah angkatan 1998. Nih dia pengalaman kerja beliau:
- PT Deltomed Laboratories mulai bulan Juni 2004 sampai Januari 2005 (Staf QC)
- PT Javaplant Naturindo mulai bulan Januari 2005 sampai November 2006 (Ass. Manajer Produksi)
- PT Tri Rahardja mulai bulan November 2006 sampai sekarang sebagai Spv. PPC

Fakhrudin Yussuf (2002)
Beliau berasal dari Rembang, angkatan 2000. Terkenal sebagai sosok yang pendiam tapi humoris juga. Jarang mau di foto, sampai-sampai gak ikut upacara wisuda, katanya gara-gara gak mau di foto. Sekarang beliau bekerja di Bontang, Kalimantan Timur.

Wisnu Wardhana (2003)
Berasal dari Sragen (Jawa Tengah). Beliau seorang aktivis, walo agak pendiam. Banyak ide tapi malu-malu. Rajin mengaji, sering ikut kajian, dsb. Sekarang masih ada di Jogja lho...Temuin di Masjid Mardhiyah pasti ketemu di sana. Doakan saja semoga cepat menikah. Amin....

Purwanto (2004)
Biasa di panggil Mas Pur, tapi sekarang manggilnya kudu Pak Pur. Karena sekarang beliau adalah dosen di Fakultas Farmasi UGM. Lahir di Bantul, Yogyakarta tanggal rahasia (red: data tidak boleh dipublikasikan sesuai permintaan orangnya). Pak Pur dikenal sebagai asisten yang ada di mana-mana, semua unit pernah dimasuki. Sekali semester bisa pegang 6 laboratorium. Ck..ck....ck..


Tri Wiyono (2005)
Seorang aktivis di mana-mana. Terkenal jago Fisika, pernah menjadi duta Indonesia di ajang IPhO (Taiwan) dan mendapat medali emas. Lahir di Gunung Kidul sekolahnya di SMA N 3 Yogyakarta. Baru menikah tanggal 20 Desember kemarin, wah selamat ya mas Tri ...Jangan suka merokok ya...


Irwan Kusumawardhana (2006)
Beliau dari kelas Farmasi Bahan Alam 2004 (angkatan pertama). Asal daerah dari Yogyakarta. Suka maen futsal di daerah Magelang. Sekarang lagi menempuh pendidikan Profesi Apoteker UGM.


Riosasti Almiyudha A.(2007)
Lahir di Kota Madiun, xx xx 1987. Pendidikan SD sampai SMA di habiskan di kota yang sama. Terdaftar sebagai mahasiswa Farmasi UGM tahun 2005. Riosasti dikenal dengan sosok yang tenang, menyejukkan, lembut, dan tidak suka marah. Melihat mukanya serasa sejuk dan tenang.
Miftakhul Munir (2008)
Kelahiran Gresik, xx xx 1988. Munir, biasa beliau dipanggil. Senyumnya yang ikhlas selalu terkembang di bibirnya. Seorang yang rajin dan suka menolong. 




Muslim Satriotomo (2009)
Lahir di Jakarta, 2 Agustus 2009. Masa sekolah di selesaikan di Jakarta, terakhir di SMA N 13 Jakarta. Bagaimana nasib KMMF di bawah kepemimpinan beliau? Wow, jangan salah. Walo secara sekilas anaknya suka maen-maen, tapi kalo udah ditanya hadis dan ayat-ayat, 10 menit bisa keluar semua hapalannya. Muslim atau Rio orangnya kritis, tanggap terhadap isu-isu terbaru terutama tentang politik. Suka bercerita walo tanpa di tanya, jadi asyik kalo buat ngobrol.





Toga Laksana (2010)

Nama lengkapnya adalah Toga Laksana. Beliau lahir di Kulon Progo pada 28  Desember 1989. Pemuda yang mempunyai tinggi badan 163 cm dan berat 49 Kg ini mempunyai hobi olahraga terutama sepak bola.  Bahkan dia juga sempat mengikuti pelatihan bela diri Tae Kwon Do dan Karate semasa di sekolah dulu. Selain olahraga, Toga juga senang berorganisasi. Selain menjabat sebagai ketua KMMF, beliau juga menjabat sebagai coordinator rumpun Fakultas Kesehatan Forum Silaturahmi Dakwah Kampus (FSLDIK) UGM dan juga pernah menjadi senat mahasiswa Fakultas Farmasi UGM. Beliau mempunyai cita-cita sebagai apoteker muslim yang mampu mengembangkan sumber daya alam dan manusia Indonesia. Moto hidupnya…. Hidup untuk belajar, beribadah dan beramal.























(Tulisan ini hasil wawancara dengan tokoh langsung (mas Purwanto), dengan mas adam (angktn 01), dan mbak indri (angktn 00 yg skrg lg s2). untuk mengingat nama mas'ul tahun 00 (feriyanto hadi) kudu bongkar milis angktn 2000 dulu, kalo nama fajar hadjri nemu di web site farmasi ugm, data alumni. Komentar didapat dari testimoni teman terdekat (red.))

23 komentar:

  1. Koreksi ya,, yg bener SKI = Sentra Kerohanian Islam, bukan Sie Kerohanian Islam

    BalasHapus
  2. Wah terima kasih sekali atas masukannya ya Mbak Puji...

    BalasHapus
  3. kunjungan balasan..
    sip,, salut bwt kmmf. semoga selalu setia berkarya

    BalasHapus
  4. terima kasih juga buat mb nana

    BalasHapus
  5. Semoga senantiasa istiqomah

    BalasHapus
  6. istiqomah ya saudaraku\
    smoga bs jdi oase yg memberi kesejukan d tngah medan dakwah yg bgitu berat

    BalasHapus
  7. Wiweka Adi Pratama19 Desember 2009 02.16

    ADI mengatakan..
    Subhanalloh, alamdullilah, allohu akbar.
    selalu bersemangatlah demi senyum allah.

    BalasHapus
  8. 2 agustus 2009??? wah, hebat ya. masi bayi dh jd mas'ul, ckckck. he2

    BalasHapus
  9. Wah iya salah, satrio baru umur 4 bulan donk kalo 2009, salah, maksudnya 1989 gitu. wah udah tua juga kmu ya, udah ga lucu lagi. masak pagi2 gedor2 kamar orang cuma mau pinjem garisan, he...he...

    BalasHapus
  10. Mas'ul sebelum 2000 blm ada y?

    BalasHapus
  11. belum ketemu. Coba deh tanya ke Bapak Nanang atau pak ustad Cahyadi takariawan, beliau kan punggawa2 kmmf tempo dulu. Selamat mencari ya

    BalasHapus
  12. alhamdulillah
    truss maju!!
    skalian nitip pengumuman
    Insya Allah ane ujian tggl11 januari esok jam 8
    mhn doa antum........
    silakan datang ke R.sidang skripsi utk membuat ane tersenyum, hi2=)

    BalasHapus
  13. Assalammu`alaikum wr. wb.

    selamat buat KMMF, sekarang udah bisa eksis didunia maya juga.

    semoga semua program-programnya yang berperan sebagai barometer dakwah kampus sukses ya.

    btw saya mau share tentang sejarah kepemimpinan KMMF nih, Jadi sebelum mas feryanto trisna hadi periode 2000 KMMF dipimpin oleh mas Hatta (angkatan 1996, sekarang jadi dosen farmasi di UII) beliau memegang jabatan KETUM KMMF itu selama 2 periode lho tahun 1998 dan 1999.

    kepemimpinan sebelumnya dipegang sama angkatan 1996 juga mas aziz sekarang dosen di fakultas farmasi UMS solo), beliau memimpin KMMF selama 1 periode tahun 1997, nah periode sebelumnya lagi mohon teman-teman coba tanya ke mas Hatta di UII, beliau mungkin bisa membantu banyak.

    Sekali lagi sukses selalu buat KMMF.


    wassalam,

    fajar hadjri

    NB: tolong diingat-ingat ya teman-teman nama fajar hadjri itu ada yang khas :
    fajar = EYD
    hadjri = non EYD alias ejaan lama

    BalasHapus
  14. Waalaiukum Salam Wr Wb

    Wah akhirnya dapet info banyak nih, akhirnya pula ada tetua kmmf yg singgah di blog ini. Terima kasih mas atas infonya. udah kami edit.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum ...


    Wah sudah cukup banyak kemajuan... semoga dengan hadirnya blog ini bisa mendokumentasikan sejarah perjuangan dakwah di kampus Farmasi UGM.

    Salah satu kelemahan yang sering kita alami adalah tidak terdokumentasikan sejarah yang kita alami... sehingga kita harus mengulang kembali sejarah dari ol elulu... semoga KMMF tambah istiqomah aja...


    Purwokerto, 10 Februari 2010

    Hendri Wasito, S. Farm., Apt.
    Kabid Seni dan kreatifitas priode kalo enggak salah 2002/2003 dan Sekretaris Umum KMMF priode 2003/2004.

    BalasHapus
  16. assalamualaikum... numpang silaturahmi aja..
    alhamdulilah wah... skarang kmmf punya forum silaturahmi di internet ya... Bagus.." Ca..youw.. Maju terus KMMF ,Eratkan Silaturahmi, Jalin Ukhuwah yang islamiah... Oce... Syukron...
    ................d(^_^)b.................
    http://sshilojogja.wordpress.com/

    BalasHapus
  17. mas'ul 2o1o kok infosmasinya kurang??? ayo di update!!!!

    KMMF!!!
    Allahuakbar!!!

    BalasHapus
  18. Ohh ...salah tulis "saya dengar ding"... Yang banyak tahu riwayat benang merah terdahulu dan orang-orangnya konon namanya mas fadjar hajri atau fadjar hadjri atau fajar hadjri era tahun 1999 atau 2000 kalau tidak salah sekarang jadi manajer di pabrik ekstrak katanya. Emailmya cari deh di milis alumni UGM

    BalasHapus
  19. Mas Fajar Hadjri (98) kog jarang berkunjung di web kmmf lagi. Tolong diberi masukan dong....kalau sempat mampir lagi

    BalasHapus
  20. Mas Fajar Hadjri kapan-kapan diundang utk jadi pembicara apa gitu sebagai alumni. Kayaknya penting tuhh.. agar riwayatnya tidak terputus dan juga perlu tuh sharing bagaimana mengembangkan karir, karena beliau salah satu alumni yang bersahaja namun bagus dalam karir.
    Kalau tidak salah sekarang tinggal di SOLO. Oiya coba kontak beliau via milis alumni farmasi UGM deh
    Begitu juga dengan alumni-alumni lain....agar sebagai aktifis tidak selalu rendah diri masa depan curam geto deh

    BalasHapus
  21. assalamu'alaikum

    berkunjung aja,hehe...senang udh ada webnya

    btw, tu foto kapan n acara apa y yg irwan?? koq kayaknya aq g ngrasa di foto ky gitu, pa jaman masih amit2 y ......

    smoga sukses buat KMMF UGM dan para pengurusnya..aamiin

    BalasHapus
  22. assalamu'alaikum....

    buat KMMF,, info nih

    blogku pindah ke

    http://puchsukahujan.wordpress.com/

    mohon diganti link-nya ya...
    jzk

    BalasHapus