Ahlan wa Sahlan

Selamat datang di Blog KMMF UGM, sebuah media dakwah kampus Farmasi UGM.
Sekretariat:
Masjid Fakultas Farmasi UGM
Jl. Medika Sekip Utara, Yogyakarta 55281
e-mail: kmmfugm@ymail.com


Interaksi dg Lawan Jenis

Assalamualaikum...
Apa kabar saudara2ku semua?? ^^
wah,, rasanya sudah lama ya g buat notes, hehe

akhirnya dpt materi juga, kemarin bingung mau upload apa :)

well, ini rangkuman dari MISFAKES 8 April 2011 di Masjid Ibnu Sina
(hayo, staffnya banyak yg g datang nih kemarin, ckckck,, lain kali datang yaa)

semoga bermanfaat :D

****
pembicara: Ust.Widiyanto

Interaksi antara putra dan putri itu hal yang wajar. Apalagi dalam kehidupan sosial - bermasyarakat. Tidak mungkinlah kita menghindari intraksi tersebut.Satu hal yang perlu kita ingat, islam tidak MELARANG. Islam hanya MENGATUR tata cara berinteraksi yang baik. InsyaAllah itu demi kebaikan kita juga kan?? :)

Sebelum masuk kedalam cara berinteraksi yang baik, Kita ingat dulu urutan2 kerja setan dalam menggoda manusia.

Teman-teman pasti sudah tau kan kalau syaitan itu kerjaannya menggoda dan menyeret kita ke hal-hal yang buruk?
Nah, tau juga kan kalau si syaitan itu memanfaatkan setiap kesempatan?, banyak jalan, gitu.
Bahkan celah kecil sekalipun, yang kadang tak kita sadari.

celah kecil seperti apa?



Yang pertama Kesyirikan. Harus diakui bahwa setan itu cerdik. . Tapi kita harus mau dong lebih cerdik dibanding si setan.. hehe. Ketika setan tidak bisa membuat seseorang menyekutukan Allah secara langsung, maka dia membuat seseorang "TANPA SADAR" telah menyekutukan Allah. Bagaimana caranya? Yaitu dengan penggerusan aqidah melalui film dan bacaan.... So, Tetap selekif ya terhadap bacaan yang akan kita baca dan film-film yang akan kita tonton..
*tambahan dr admin:
kalau yang sekarang sih, ada juga yg lewat aplikasi FB. *loh kok?
yup, pasti temen2 pernah liat aplikasi "horoskope tahun/bulan/minggu/hari/jam/detik ini", "arti nama", "jodoh yg cocok", de el el,, kan? nah itu termasuk syirik juga. mgkn awalnya kita cuma iseng, tapi bisa aja kita terpeleset jd agak2 mempercayainya. So, g usah pake aplikasi ginian ya :D


Kedua: Syaitan menggoda kita melakukan amal2 bid'ah. Bid'ah adalah amalan yg tidak ada tuntunan dari Rasulullah.

nah, kalo kita msh bisa menghindar dari godaan pertama dn kedua di atas, syaitan masih punya cara lain. Apa itu?
Yaitu menggoda kita melakukan dosa besar, seperti berzina dan membunuh.

kalo masih g berhasil? Syaitan punya plan 4, yaitu menggoda kita melakukan dosa kecil. Antara lain sms-an dan chating GJGP (G Jelas dan G Penting) dg lawan jenis.. Waspadalah..

masih g mempan? Jurus (ninja kali -__-) ke 5: Menggoda kita melakukan hal2 mubah.
Hal yang mubah adalah hal2 yang ketika dikerjakan, maka orang tersebut tidak akan mendapat dosa tetapi juga tidak mendpat pahala. Contohnya tidur setelah subuh.*kata temannya teman admin, ini mah sunah (susah nahaaan) >.<
ow tida bissa,, g boleh gitu yaa. Harus dibiasakan g tidur lagi setelah subuh. Smangat \('_')/
Salah satu efek ketika sseorang memprioritaskan hal-hal yang mubah adalah orang tersebut menjadi kurang produktif untuk melakukan amalan2 lainnya..

Kalo ke 5 trik di atas g ngefek, si syaitan msh menyimpan langkah ke 6: Menyerang secara Fisik.
Ini adalah langkah paling mentok-nya si setan. Hehe. Masih ingat kisah Nabi Ayub?? Dari yang semula beliau memiliki harta yang melimpah, keturunan yg cukup, satu persatu nikmat tersebut hilang. Akan tetapi, beliau tetap bersabar, bertaqwa, dan beriman kepada Allah hingga akhirnya setan meminta ijin kepada Allah untuk mengeluarkan jurus terakhir yaitu menyerang secara fisik dengan membuat beliau sakit... Akan tetapi,Nabi Ayyub tetap bersabar... Dan akhirnya atas izin Allah, Nabi Ayub kembali sehat seperti sedia kala. Subhanallah, benar2 kisah yang bisa kita jadikan teladan. :')

Sesungguhnya Kami dapati dia (Ayub) seorang yang sabar. Dialah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhannya)." (QS. Shad: 44)

jadi, hati2 ya dg ke enam jurus syaitan dalam menggoda kita.

****

Kembali ke laptop, eh bukan ding, ke judul notes ini mksudnya, hehe

Interaksi dengan lawan jenis, bisa dimanfaatkan oleh setan untuk menggoda kita sehingga melakukan dosa kecil (seperti berkhalwat) dan dosa besar seperti zina..

Nah, Bagaimana caranya agar interaksi bisa berjalan dengan baik dengan tidak sampai membuat seseorang melakukan kedua dosa tersebut?
1. Biasakan untuk mempunyai tujuan yang jelas dan benar dalam berinteraksi. Dan interaksi hanya sebatas untuk mencapai tujuan yang jelas dan benar tersebut.
contoh (kurang ngeh mungkin ya kalo g pake contoh) :
ada seorang ikhwan ke kos2an akhwat, niatnya mau pinjem catatan kuliah (biasalah kan akhwat lebih rajin nyatet ^^v). nah yg ini tujuannya jelas dan benar. Tapi kalo habis minjem trus ngajak ngobrol macem2 yg GJGP sok akrab gitu melenceng dari niat awal, ini yang g boleh!

Trus hati2 juga dengan iseng yang dicoveri keislaman. Misalnya ikhwan sms akhwat buat bangunin sholat tahajud dg bahasa yang gimanaa gitu. trus, kalo di bales sama si akhwat, pasti dibales lagi deh sama si ikhwan. Nah lhoo.. mulai g bener kan jadinya.

hati-hati, syaitan menggoda kita dari hal-hal yang berbau iseng,, pintunya banyak loh.

2. Sesuai Q.S. An-Nur :30 - 31, manusia diperintahkan untuk menjaga pandangannya.Menjaga pandangan disini, tidak terlalu berlebihan sama sekali g melihat, tetapi juga tidak terlalu bebas.Kalo g melihat sama sekali, bisa2 kejedot tembok,, hehe..

3. Interaksi yang dilakukan menghindari khalwat. Caranya, jika memang ada perlu berdua, maka ajak teman yang lain untuk menemani. Berkhalwat jaman sekarang juga bisa via telephone, fb, twitter, sms (jaman makin canggih). Kalo komunikasi ya sebatas yg diperlukan. trus trus pake bahasa yg general. jgn yg mendayu-dayu atau memancing.

Mungkin skrg msih bisa terhindar, yg lebih sulit itu nanti wktu di lapangan, akn lebih banyak ujian interaksi.

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah ia berkhalwat dengan seorang wanita tanpa ada mahrom wanita tersebut, karena syaitan menjadi orang ketiga diantara mereka berdua.” (HR. Ahmad dari hadits Jabir 3/339. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaul Gholil jilid 6 no. 1813)

4. Hindari bersentuhan secara langsung.

Dari asy-Sya'bi bahwa Nabi saw. ketika membai'at kaum wanita beliau membawa kain selimut bergaris dari Qatar lalu beliau meletakkannya di atas tangan beliau, seraya berkata, "Aku tidak berjabat dengan wanita." (HR Abu Daud dalam al-Marasil)

Dari Ma'qil bin Yasar dari Nabi s.a.w., beliau bersabda, "Sesungguhnya ditusuknya kepala salah seorang di antara kamu dengan jarum besi itu lebih baik daripada ia menyentuh wanita yang tidak halal baginya." (HR Thabrani dan Baihaqi)


5. Hindari Fitnah
Salah satu alasan mengapa point no.3 dan 4 juga harus dihindari karena bersentuhan secara langsung dan berkhalwat dapat menimbulkan fitnah.

Hadis riwayat Abu Hurairah RA (dalam kitab Sahih Muslim, No. 5136), ia berkata:

Bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Akan terjadi fitnah di mana orang yang duduk (menghindar dari fitnah itu) lebih baik daripada yang berdiri dan orang yang berdiri lebih baik daripada yang berjalan dan orang yang berjalan lebih baik daripada yang berlari (yang terlibat dalam fitnah). Orang yang mendekatinya akan dibinasakan. Barang siapa yang mendapatkan tempat berlindung darinya, hendaklah ia berlindung".

Akhir kata, semoga bermanfaat.... :)

wassalamualaikum..

(DzI/HRR)

1 komentar: