Ahlan wa Sahlan

Selamat datang di Blog KMMF UGM, sebuah media dakwah kampus Farmasi UGM.
Sekretariat:
Masjid Fakultas Farmasi UGM
Jl. Medika Sekip Utara, Yogyakarta 55281
e-mail: kmmfugm@ymail.com


MARHABAN YA DZULHIJJAH


Bulan Dzulhijjah merupakan bulan ibadah yang diagungkan Allah, terutama sepuluh hari pertama, ibadah dan amal shaleh di dalamnya lebih baik dari jihad diluar bulan itu dalam hadits disebutkan :
Dari ibnu Abbas berkata : Rasulullah bersabda : "Tidak ada hari amal shaleh di dalamnya lebih disukai Allah melebihi hari hari ini yaitu sepuluh hari", mereka berkata : "dan juga tidak jihad di jalan Allah", beliau bersabda : "juga tidak jihad ( mengalah ibadah di hari ini) kecuali seorang yang keluar dengan dirinya dan hartanya, dan tidak membawa pulang sama sekali". HR Bukhari, Abu Dawud
Hari hari tasyriq tiga hari setelah idul adha merupakan hari ibadah dan syukur Rasulullah bersabda : " hari tasyriq adalah hari makan dan minum serta dzikrullah" HR Muslim dan hari hari ini merupakan "ayyam mu'adudat, hari hari terhitung yang Allah perintahkan banyak berdzikir, dan ini tafsiran dari ayat 203 surat Al-Baqarah:
203. Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang, dan hari berbilang ini ditafsirklan oleh ibnu Abbas, Abu Musa Al –Asy'ari, Mujahid dan lain lainnya sebagai hari tasyriq.

Ibadah yang dianjurkan pada bulan Dzulhijjah
1. Berdzikir kepada Allah (takbir, tasbih dan tahmid) --> tafsir surat Al Hajj ayat 28
2. Bagi yang akan berkurban, dilarang (haram atau makruh) menyukur rambut atau memotong kukunya) sampai pelaksanaan kurban, sebagai solidaritas dengan jamaah haji, berdasarkan hadits Nabi :
Dari Umi salamah beliau angkat sampai ke Nabi, berkata : "jika telah masuk sepuluh hari bulan Dzulhijjah, dan disisinya udhiyyah ingin dia kurbankan, maka jangan mengambil dari rambut, dan jangan motong kuku". (HR Muslim)
3.Puasa, disunahkan untuk melakukan puasa sejak tanggal 1 sampai tanggal 9
Beliau ditanya tentang puasa hari arofah, beliau bersabda : menghapus setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. HR Muslim.
Adapun untuk delapan hari sejak tanggal pertama, didasarkan atas umumnya kata amal shaleh yang disebutkan dalam hadits muslim, dan didukung dengan hadits yang lainnya walaupun sanadnya tidak terlalu kuat, yaitu hadits Nabi :
Tidak ada hari yang lebih dicintai Allah untuk dilakukan ibadah di dalamnya melebeihi sepuluh dzil hijjah, puasa sehari padanya sebanding puasa setahun, dan qiyamul lail padanya sebanding qiyam lailatul qadr.
4. Haji ke Baitullah
5. Sholat hari raya Idul Adha
6. Menyembelih hewan qurban --> QS Al Hajj

Mari berfastabiqul khairat di bulan Dzulhijjah..
SELAMAT IDUL ADHA


PENGORBANAN MENUJU KETAATAN
-safrida KMMF-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar