Ahlan wa Sahlan

Selamat datang di Blog KMMF UGM, sebuah media dakwah kampus Farmasi UGM.
Sekretariat:
Masjid Fakultas Farmasi UGM
Jl. Medika Sekip Utara, Yogyakarta 55281
e-mail: kmmfugm@ymail.com


Mubes KMMF



Pentingnya suksesi kepemimpinan

“Setiap kamu adalah pemimpin. Dan setiap pemimpin bertanggung jawab atas kepemimpinannya”
Masih ingatkah perjalanan bangsa Indonesia, pergantian tampuk kekuasaan dari rezim orde lama sampai orde reformasi dengan mekanisme penggulingan. Hal ini menandakan adanya ketidakpuasan publik terhadap kepemimpinan eksekutif periode tersebut. Hal ini juga membuktikan pentingnya sebuah suksesi/reorganisasi kepemimpinan dalam suatu organisasi.

Dalam setiap pergantian kepemimpinan/pemerintahan, akan ada laporan pertanggungjawaban kepada masyarakat yang dalam hal ini diwakili oleh wakil-wakil rakyat. Merekalah yang menilai sejalan atau tidakkah kinerja pemerintahan sebelumnya dengan tujuan yang diharapkan. Mekanisme ini menjadi suatu sarana check and balance dalam suatu pemerintahan. Selain itu penerus juga dapat mempelajari kekurangan dan meningkatkan keberhasilan yang telah dicapai dari pemerintahan sebelumnya.



Reorganisasi mutlak diperlukan dalam suatu organisasi. Karena dibutuhkan tenaga baru yang diharapkan dapat membawa organisasi tersebut melanjutkan pencapaian tujuannya. Allah memberikan umur kepada manusia untuk digunakan sebaik mungkin. Allah memberikan alakala dan ilmu kepada manusia untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Semakin berumur semakin besar pula pengalaman sang pemimpin. Tetapi diperlukan juga pengkaderan kepada generasi yang nantinya akan menjadi penerus, sebagai motor penggerak organisasi tersebut. Sebuah organisasi membutuhkan seorang nahkoda yang akan mengatur arah kebijakan organisasi tersebut.  Tak ayal diperlukan generasi-generasi penerus yang sejalan dengan organisasi tersebut. Jadi sudah semestinya suksesi itu dilakukan. Jika tak ada suksesi hanya satu pemimpin yang aktif meyebabkan anggotanya menjadi pasif.
Dapat disimpulkan bahwa pastilah kelanjutan organisasi akan terebut akan dipertanyakan setelah sang pemipmin dominan itu tidak lagi sanggup memimpin. Jika mereka adalah generasi yang diharapknan dapat membawa Islam menajadi rahmatan lila alamin. Sudah barang tentu diperlukan generasi-generasi penerus yang berkualitas, berkompeten dan istiqomah dalam mengakkan nama Allah di bumi ini dan itulah pentingnya suksesi kepemimpinan. So, who want to be the next 'Rabbanian Generation'???
Tahun 2010 ini, Mubes dilaksanakan pada tanggal 16-17 Januari 2010 di Fakultas Farmasi UGM. Kepada para mahasiswa semua diharapkan kedatangannya. [Indra]







1 komentar:

  1. Semoga MUBESnya efektif,,,bukan hanya sebagai forum perdebatan....^^,

    BalasHapus