Ahlan wa Sahlan

Selamat datang di Blog KMMF UGM, sebuah media dakwah kampus Farmasi UGM.
Sekretariat:
Masjid Fakultas Farmasi UGM
Jl. Medika Sekip Utara, Yogyakarta 55281
e-mail: kmmfugm@ymail.com


SURAT UNTUK KMMF

Assalamualaikum  warahmatullahi wabarakaatuh

                Segala puji hanya bagi Allah, rab semesta alam, shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga, serta sahabatnya.
                Amma ba’du,
                Kami persembahkan surat ini kepada saudara-saudaraku Keluarga Mahasiswa Muslim Farmasi UGM khususnya, dan civitas akademika Fakultas Farmasi UGM pada umumnya, yang memiliki keinginan dan cita-cita yang sama untuk menggapai ridho Illahi dalam menegakkan syariat islam. Sebuah jalan yang telah Allah wahyukan kepada para nabi, yang telah melewati berbagai zaman hingga tiba pada zaman ini, zaman yang Allah amanahkan kepada kita semua.
                Saudaraku, Al-Quran telah menjelaskan tentang tujuan manusia dan sikap yang semestinya mereka ambil dalam menentukan tujuannya. Al-Quran menjelaskan bahwa sebagian manusia menjadikan wanita dan kesenangan yang lain sebagai tujuan hidupnya. Firman Allah SWT.,
                “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan,binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia: dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).”(Ali Imran: 14)
                Al-Quran juga menjelaskan bahwa ada sebagian manusia yang menjadikan penyebaran fitnah, kejahatan, dan kerusakan sebagai tujuan hidupnya. Firman Allah SWT.,
                “Dan diantara manusia ada orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menarik hatimu, dan dipersaksikannya kepada Allah (atas kebenaran) isi hatinya, padahal ia adalah penentang yang paling keras. Dan apabiila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak, dan Allah tidak menyukai kerusakan.” (Al-Baqarah: 204-205)
                Itulah beberapa macam tujuan manusia dalam menjalani hidupnya menurut Al-Quran. Allah SWT telah membersihkan kaum mukminin dari tujuan-tujuan buruk itu dan mencanangkan untuk mereka sebuah tujuan yang lebih mulia lagi luhur; yaitu tugas membawa manusia ke jalan kebenaran, membimbing mereka ke jalan kebaikan, menerangi seluruh penjuru dunia dengan matahari islam. Dengarlah Firman Allah SWT.,
                “Hai orang-orang yang beriman, rukuklah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu, dan perbuatlah kebajikan supaya kamu mendapat kemenangan. Dan berjihadlah kamu di jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitulah pula) dalam (Al-Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu kepada tali Allah. Dia adalah pelindungmu maka Dia-lah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.” (Al-Hajj: 77-78)
                Saudaraku, dalam menggapai tujuan-tujuan yang mulia di atas tidaklah cukup hanya dilakukan secara sendiri tanpa berjamaah dengan yang lain karena pada hakekatnya manusia adalah makhluk sosial. Dan disinilah kita harus pandai-pandai memilih jamaah (baca:kelompok/teman) karena pada dasarnya jamaah itu ada yang mencari keridhoan Allah SWT dan ada pula yang berdampak akan murka-Nya.
                Alhamdulillah saudaraku, bahwa sekarang kita diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk berada dalam lingkungan Fakultas Farmasi UGM dengan Lembaga Dakwah Fakultasnya Keluarga Mahasiswa Muslim Farmasi (KMMF) yang memiliki visi dan misi saling mendukung. Setidaknya pula, kita masih berada di sebuah lingkungan dimana kita masih bisa leluasa belajar Islam, memperdalam kapasitas kita sebagai seorang muslim dan meningkatkan keimanan kita. Kita tidak akan pernah tahu lingkungan tempat kita berada esok hari, apakah masih dalam kondisi islam? Ataukah kita akan berada di lingkungan yang jauh dari Islam. Oleh sebab itulah mari kita mamanfaatkan kesempatan di Fakultas Farmasi ini untuk lebih memperdalam lagi kapasitas kita sebagai Apoteker Muslim.
                Dengan sebuah harapan yang kuat akan ridho Illahi, marilah saudaraku kita bersama-sama mewujudkan masyarakat Fakultas Farmasi UGM yang berkepribadian Islami dalam kehidupan sehari-hari.
                Jazakumullah khairan katsir atas kesediaannya menyisihkan waktu untuk membaca sepucuk surat ini.
                Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh


Ketua Umum KMMF 1431 H/2010 M

1 komentar: